Logo UPT TIK UNJ

Makna Logo UPT TIK UNJ

Bentuk Logo

Bentuk logo dari UPT TIK merupakan simbol dari infinity atau dalam Bahasa Indonesia berarti jumlah yang tidak berakhir. Makna dari simbol infinity sendiri adalah memberikan bantuan secara berkelanjutan untuk seluruh civitas akademik dari segi teknologi, informasi, dan komunikasi

Warna dari Logo

  • Warna yang digunakan dalam logo ini adalah biru indigo (biru tua), biru muda, dan putih.
  • Warna biru tua (indigo) memiliki arti kepercayaan dan kedewasaan. Secara psikologis warna indigo menyampaikan integritas dan ketulusan dalam dan merangsang kreativitas dan intuisi. Walaupun diartikan dalam konteks struktur, ritual tradisi, dan upacara, warna indigo juga dapat mengubah pemikiran dan keyakinan orang dalam mengembangkan wawasan baru dan semangat perintis. Ini menanamkan pesan tanggungjawab yang besar dan cita-cita yang tinggi. Secara psikologis, indigo membantu memperluas pikiran dan bebas dari ketakutan dan hambatan.
  • Warna biru muda menandakan unsur lautan yang memiliki arti luas akan ilmu. Secara psikologis, warna biru muda menenangkan emosi dan mengisi kembali semangat, menyegarkan tingkat energi yang habis dan pikiran positif inspirasi. Yang diharapkan bahwa UPT TIK sebagai pusat teknologi informasi dan komunikasi memiliki ilmu yang luas serta semangat untuk menginspirasi.
  • Warna putih sebagai latar belakang logo memiliki makna kesucian, bersih, dan kesederhanaan. UPT TIK ini dibentuk bukan untuk mencari keuntungan, tetapi semata-mata ingin memberikan pelayanan yang terbaik bagi Universitas Negeri Jakarta dengan pengaturan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang bermutu. Penggunaan warna putih juga memiliki arti netral dan tidak memihak apapun. Selalu sepadan jika disatukan dengan warna lain. Begitu juga dengan UPT TIK UNJ yang tidak memilih-milih atau memihak siapapun, hanya semata mempermudah dan mengembangkan Teknologi Informasi dan Komunikasi di UNJ.

Huruf-huruf pada Logo UPT TIK UNJ

Penggunaan huruf kapital pada tulisan TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI memiliki makna serius dan tegas. Selama ini UPT TIK tidak main-main dan serius dalam memberi pelayanan dan mengembangkan Teknologi Informasi dan Komunikasi di UNJ.

Penggunaan font sendiri adalah Bebas Neue. Bebas Neue merupakan keluarga dari font sans serif yang merupakan hasil karya dari Ryoichi Tsunekawa. Bebas Neue memiliki makna tersendiri dari setiap goresan-goresan yang terbentuk, makna tersebut antara lain suatu garis bersih yang akrab, elegan, hangat serta sederhana. Dari makna yang terkandung, diharapkan UPT TIK memiliki sifat dari salah satu maupun keseluruhan makna tersebut. Yang berarti jujur dalam segala hal, sederhana namun tetap elegan dan hangat dalam melayani seluruh civitas akademik yang membutuhkan.